Saturday, December 23, 2017

Menurunkan Berat Badan. Resolusi Yang Berulang.

Saturday, December 23, 2017
Siapa yang punya resolusi tahun baru makan lebih sehat, lebih banyak berolahraga, dan menurunkan berat badan? Sudah tinggal tanggal-tanggal penghabisan di tahun 2017, nih. Bagaimana hasilnya, Mak?

Sebuah studi yang dilakukan oleh Universitas Scranton menyatakan bahwa 48% dari peserta penelitian sudah melepaskan resolusi tahun baru mereka sejak bulan Februari. Ouch!
Tidak heran kalau setiap tahun salah satu resolusi adalah menurunkan berat badan. Karena sekian tahun berlalu dan resolusi berulang, tapi berat badan tidak menurun malah bertambah. Itu kalau saya. Anda bagaimana?

Salah satu cara andalan dalam program menurunkan berat badan adalah membaca kisah sukses dari tokoh yang berhasil dengan program mereka. Salah satunya yang terbaru adalah Oprah Winfrey. Perempuan hebat yang menginspirasi banyak orang ini baru saja berbagi ceritanya tentang bagaimana menurunkan 21 kilogram berat badannya.

Selain mengikuti Weight Watchers program (sebuah perusahaan yang Oprah sendiri memiliki 10% sahamnya), Oprah mengatakan bahwa ia memiliki satu trik ampuh untuk menurunkan berat badan: Ia berhenti fokus pada angka yang ada di timbangan!

Terikat pada angka sebagai goal utama akan membuat stress, dan menimbulkan masalah penerimaan diri. Tidak bisa menikmati dan menghargai hidup. Dalam keadaan ini akan lebih sulit untuk bisa hidup sehat dan memiliki berat badan yang ideal. Ketimbang memiliki goal berat badan ideal dan mempersiapkan diri untuk gagal dan frustasi karenanya, Oprah melakukan mindset makeover.

"Saat berat badan mulai menurun, saya meluruskan kembali niat. Saya bisa saja menurunkan berat badan untuk kembali muat memakai gaun berukuran kecil, atau untuk persiapan menghadiri sebuah event, atau untuk membuat orang lain menyukai saya. Tapi saya tidak akan bisa mempertahankan berat badan dan kesehatan untuk alasan tersebut. Biasanya berat badan akan kembali bertambah setelahnya", tuturnya.

"Saat ini saya merubah niat saya bahwa saya ingin menjadi versi tersehat dari diri saya, secara fisik, emosional dan spiritual. Jadi proses dan tujuan dari penurunan berat badan yang merubah saya. Niat yang jelas ini yang membuat program penurunan berat badan lebih mudah untuk saya".

Jadi kalau saat ini sedang diet ketat hanya untuk membuat pasangan atau gebetan terkesan, luruskan lagi niat yuk supaya bisa langsing lebih cepat dan mempertahankannya lebih lama!

Gagal memenuhi resolusi tahun ini? Tenang. Sebentar lagi sudah tahun baru dan bisa mulai dari awal lagi. Kuncinya adalah jangan mengulangi kesalahan yang sama!

Mengikuti komunitas seperti komunitas penggiat Ketofastosis ataupun DEBM alias Diet Enak Bahagia Menyenangkan bisa jadi salah satu cara untuk menjaga semangat dan niat untuk diet sehat. Biasanya komunitas tersebut memiliki panduan menu sehat untuk makanan sehari-hari dan juga panduan gaya hidup sehat lainnya seperti olahraga, dan juga resep masakan sehat. Saling mendukung diantara anggotanya pun menjadi motivasi tersendiri untuk mempertahankan diet sehat Anda.


Semangat ngiri!

0 comments:

Post a Comment

Feel Free To Leave Some Traces :D